Go to top
About Us

3 Jenis Mika Plastik yang Perlu Anda Ketahui

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan mika Plastik, bukan? Terutama bagi Anda yang menggeluti usaha katering dan sejenisnya. Tentu sudah sering menggunakannya untuk wadah lauk atau kue.

Mika ini memang lebih disukai karena murah, bahannya pun ringan, dan tahan air. Namun, tahukah kamu bahwa mika dari plastik ini mempunyai berbagai jenis? Setiap jenisnya pun mempunyai fungsi yang berbeda, ini dia penjelasannya.

Jenis Mika Plastik

Pada umumnya, plastik mika terbuat dari bahan PVC atau Polyvinyl Chloride. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan bahan campuran dengan PP/PE/PVC. Kegunaannya pun beragam tergantung dari bentuk dan jenisnya.

Namun, yang paling umum dan banyak ditemui adalah sebagai wadah makanan atau minuman. Pada plastik mika berbahan dasar PVC, Anda hanya disarankan untuk memakainya sekali saja.

Hal itu karena bisa mengganggu kesehatan tubuh jika digunakan secara terus-menerus. Sedangkan, untuk bahan campuran berupa PP/PE/PVC, produknya lebih aman.

Jadi, jika membutuhkan sebagai tempat makanan dan minuman, sebaiknya pilih dengan bahan campuran. Kemudian, Anda juga perlu mengetahui berbagai jenis mika Plastik yang bisa digunakan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1.  Plastik Mika Bening

Jenis yang pertama adalah plastik mika bening. Karakteristik dari plastik mika ini ialah ringan, cenderung tipis, dan transparan atau bening. Oleh karena itu, sangat cocok jika digunakan sebagai bungkus makanan basah maupun kering.

Anda tentu sudah sering melihat jenis plastik mika ini di toko-toko atau pasar. Jadi, jajanan atau makanan yang berada di dalamnya bisa langsung terlihat dan menarik minat pembeli.

Selain itu, terkadang juga digunakan sebagai sampul, album, taplak meja, dan pembungkus lainnya. Tentu saja dengan bentuk dan tekstur yang berbeda. Mengingat jenis ini memang terdiri dari berbagai macam tipe.

Ada yang berbentuk bulat, persegi panjang, kotak, tabung, dan lain sebagainya. Kemudian, tekstur halus, kelenturan dan ketebalannya juga berbeda-beda tergantung dari fungsi penggunaannya.

2.  Plastik Mika Tebal

Jenis yang kedua adalah plastik mika tebal. Sesuai namanya, mika ini mempunyai karakteristik lebih kuat, tebal, dan terdapat pula yang kaku. Maka dari itu, jenis plastik mika ini lebih cocok digunakan untuk membuat berbagai kerajinan.

Baik kerajinan bersifat industri maupun rumahan. Produk kerajinan yang biasanya dihasilkan oleh plastik mika ini adalah kartu nama, kotak souvenir, kotak hampers. Selain itu, bisa juga dipakai untuk membuat face shield, dan kerajinan lainnya.

3.  Plastik Mika Berwarna

Jenis yang terakhir adalah plastik mika berwarna. Pada jenis mika yang bening dan tebal, karakteristiknya masih sama-sama transparan. Barang di dalamnya pun mudah terlihat, meskipun lebih terang yang plastik mika bening.

Sedangkan, untuk jenis yang terakhir ini ditutupi dengan berbagai warna yang dihadirkan. Meskipun begitu, plastik mika ini tetap cocok dibuat sebagai kemasan kue atau makanan dan kerajinan.

Jika digunakan sebagai kemasan, biasanya akan menjadi tempat kue bolu dan kue kering lainnya. Sedangkan, jika dipakai untuk membuat kerajinan, biasanya akan menjadi sampul buku, pouch, tempat pensil, dan lainnya.

Warna yang umum dihadirkan berupa biru, merah, hijau, hingga, kuning, dan lain sebagainya. Warna tersebut tergantung dari tempat produksi atau sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Jika ingin custom warna tertentu, biasanya harus memesan pada pabriknya langsung dalam jumlah besar. Sementara untuk karakteristiknya sendiri ialah relatif tidak terlalu tebal. Hal itu agar bisa lebih mudah membentuknya sesuai keinginan.

Itulah berbagai jenis mika Plastik beserta karakteristik dan penjelasan lengkapnya. Dengan begitu, sekarang Anda sudah lebih mudah dalam membedakan berbagai jenisnya. Selain itu, juga lebih memahami fungsi atau penggunaannya.

Leave Comments