Go to top
About Us

Jenis-jenis Mika Plastik untuk Kue

Bila Anda sedang membutuhkan mika kue untuk kemasan produk Anda, tentunya Anda mesti mengetahui ada berbagai jenis mika plastik untuk kue. Tidak hanya untuk kue, mika plastik juga biasa digunakan untuk keperluan lainnya. Jenis mika plastik yang digunakan untuk masing-masing juga tentunya berbeda.

Untuk jenis mika plastik, bila Anda membelinya untuk dibentuk sendiri, maka Anda akan membelinya per gulungan (roll). Hal berbeda bila Anda langsung membeli kemasan yang sudah dicetak atau dibentuk. Maka, Anda akan membelinya per box (kotak). Untuk lebih mudah dan efektif, tentunya Anda bisa membeli mika plastik untuk kue dalam bentuk per box atau kotak. Namun, bentuknya sudah didesain oleh penyedia atau penjual mika plastik untuk kue.

Baca Juga : Kemasan Terbaik Untuk Kue

Bila Anda terpikir untuk membuat bentuk box sendiri yang disesuaikan dengan bentuk kuenya, maka Anda akan membeli per gulungan. Nantinya, Anda akan mendapatkan dalam bentuk lembaran-lembaran mika plastik. Selanjutnya, akan Anda bentuk sendiri untuk kemasan kue.

Biasanya, untuk kue maka mika plastik yang digunakan adalah jenis yang keras atau hard (H). Jenis lain adalah mika lembut atau soft (S). Perbedaannya tentu untuk mika yang keras akan sangat kaku dan kuat, serta stabil. Sedangkan untuk mika yang lembut, maka lebih mudah dibentuk, lentur, dan elastis.

Hal yang berbeda dari setiap mika plastik ini adalah ketebalan. Baik yang keras maupun lembut, ukuran yang paling tipis adalah 0,07. Ini kode untuk plastik mika untuk kue yang paling tipis. Biasanya, satu roll atau gulungan akan memiliki lebar sekitar 1,37 meter dengan panjang bila direntangkan mencapai 50 meter.

Di atas ukuran tersebut adalah 0,08, yang biasanya hanya ada untuk mika plastik yang keras. Ukuran berikutnya adalah 0,10 yang tersedia untuk mika yang kuat maupun yang lembut.

Selanjutnya, ada ukuran 0,12 yang juga tersedia untuk mika yang lembut, maupun yang keras. Nah, ini ukuran minimal yang biasanya digunakan untuk kue basah seperti tart, brownis, hingga kue ulang tahun. Ukuran ini dirasa cukup tebal untuk melindungi kue agar tidak rusak. Namun, ukuran yang ini masih cukup riskan bila ditumpukkan.

Berikutnya, ada mika kue berukuran 0,15 yang juga tersedia untuk yang keras maupun yang lembut. Di atasnya lagi adalah ukuran 0,20 yang bisa Anda dapatkan untuk tipe H maupun tipe S.

Ukuran berikutnya adalah 0,25 dan 0,30. Keduanya juga tersedia untuk tipe H maupun tipe S. Biasanya, untuk lebih aman, maka kemasan ukuran ini sering juga digunakan oleh produsen kue. Anda disarankan mencari penyedia atau penjual mika kue dengan ukuran ini untuk kemasan Anda, agar produk Anda lebih aman.

Di atasnya lagi masih ada ukuran 0,40 dan 0,50. Hanya saja, dua ukuran ini biasanya hanya tersedia untuk jenis tipe S atau yang lembut saja. Sebab, ukuran ini biasanya digunakan untuk melindungi bed atau kasur, juga setipenya. Apabila Anda membeli kasur baru dan masih dilindungi oleh plastik tebal yang tidak mudah sobek, maka bisa jadi itu adalah mika plastik yang lembut dengan ukuran 0,40 dan 0,50.

Itu tadi beberapa jenis mika untuk kue yang bisa Anda pilih. Tentunya, biasanya maksimal ukuran yang digunakan untuk jenis mika yang keras (H) adalah 0,30. Untuk kenyamanan maksimal, disarankan menggunakan mika yang ini. Anda bisa bertanya dengan penjual mika kue untuk informasi lebih lanjut terkait ukuran mika plastik ini, atau silahkan hubungi kami Indo Cemerlang Packaging sebagai perusahaan jual mika kue ternama di Indonesia.

Leave Comments